2.05.2011

19 Tip Sukses Ala Bob Sadino

Bob Sadino (Google)

B

eliau adalah Bob sadino. Beliau ini adalah anak bungsu dari 5 bersaudara dan merupakan anak seorang guru. Jadi untuk menjadi entrepreneur tidak harus anak dari seorang entrepreneur, ini menunjukkan perjuangan beliau yang benar-benar dimulai dari bawah. Beliau hanya lulusan SMA, ini membuktikan bahwa tidak selamanya orang sukses itu harus dari kalangan akademisi, tapi yang pasti kesuksesan membutuhkan kerja keras seperti yang telah dilakukan oleh beliau.

Beliau pernah menjadi perantau di Amsterdam, Belanda. Beliau bekerja di sebuah perusahaan asing. Namun, karena beliau tidak ingin terus menjadi bawahan dan disuruh-suruh oleh atasan, beliau memutuskan untuk pulang ke Indonesia. Ini juga karena beliau rindu tanah arinya.

Namun, ternyata kehidupan di Indonesia tidak semudah yang dibayangkan. Beliau hanya memiliki modal 2 mobil Mercy, untuk kemudian beliau menjual satu mobilnya untuk dibelikan sebidang tanah di daerah menteng dan satunya lagi digunakan sebagai taksi, beliau sendiri sopirya. Namun, hingga suatu ketika beliau mengalami kecelakaan dan tidak bisa lagi mencari nafkah dengan menjadi sopir taksi.

Kemudian beliau banting setir menjadi kuli bangunan dan hanya diberi upah seratus rupiah per hari. Tentu seratus rupiah pada masanya berbeda dengan masa sekarang.. Kemudian ada seorang temannya yang bernama Sri Mulyono Herlambang yang menawarkan untuk betenak ayam, beliau menerimanya dan berusaha membanting setir lagi menjadi petrenak ayam. Di tengah penurunan semangatnya, beliau terinspirasi oleh ayam-ayamnya bahwa ayam-ayam saja yang tidak diberi akal bisa hidup, bagaimana mungkin manusia yang memiliki akal tidak bisa hidup secara mandiri?

Dai situ, beliau mengembangkan bisnisnya dengan mejual telur ayam. Beliau sendiri yang mengantarkan telur-telurnya ke setiap rumah. Perjalanan bisnis memang turun naik, beliau juga pernah dimaki oleh para pembantu rumah tangga. Namun, beliau tidak patah semangat dan karena beliau memiliki kemampuan bahasa inggris yang baik, beliau memiliki langganan tetap orang-orang asing yang tinggal di kawasan Kemang.

Berawal dari situ, beliau mengembangkan supermarket Kem chicks dan mencoba fokus di bidang agribisnis. Tidak cukup dengan supermarket, beliau mengembangkan usaha agribisnis yang lain dengan menjual daging dan sayuran yang kemudian diberi nama Kem Farms

19 Tips sukses Bob sadino

1. Realisasikan ide secara maksimal

Sebenarnya, setiap orang itu memiliki potensi dan impiannya masing-masing. Hanya saha yang menjadi kendala adalah impian-impiannya itu tidak pernah dicoba untuk direalisasikan. Ada pepatah bijak mengatakan, “Ide-ide kecil yang terlaksana lebih baik dari ide-ide besar tapi belum diungkapkan.”.

2. Harus berani memulai
Sebagian orang mungkin merasa bahwa bisnis itu adalah dunia yang bebas, tidak menentu pendapatannya sehingga takut untuk terjun ke dalamnya. Ini yang menjadi penghambat seseorang untuk bisa memulai bisnisnya.

 3. Jangan terlalu banyak analisis
Sebagian orang mungkin merasa bahwa jika mencoba berbisnis mereka tidak akan mendapat pendapatan yang pasti seperti orang-oang kantoran atau takut rugi jika bisnisnya gagal. Justru inilah yang menghambat, kuncinya adalah JUST DO IT! Urusan hasil tergantung dari kerja keras dan usaha kita.

4. Jangan ingin serba instan
Fenomena masyarakat kita yang memiliki antusiasme besar terhadap acara seperti Indonesia Idol atau reality show yang berbau pencarian bakat menunjukkan bahwa masih banyaknya orang-orang yang ingin mencapai kesuksesan secara instan. Padahal sesuatu yang didapatkan dengan mudah akan menghilang dengan cara yang mudah juga dan tentu ini tidak akan membentuk karakter manusia yang tangguh.

5. Bermimpi besar
Kita lihat dari film Sang Pemimpi bahwa kekuatan mimpi itu bisa menjadi pembakar semangat kita untuk meraih cita-cita. Ketiga sahabat itu memiliki mimpi besar untuk bisa melanjutkan studi hingga ke luar negeri dan akhirnya tercapai. Bill Gates, diawal karirnya pernah bermimpi bahwa setiap rumah akan memiliki komputer dan kini terbukti

6. Jangan terpaku pada pendidikan
Tidak jarang fenomena masyarakat kita yang bisa menjadi sukses tanpa melihat latar belakang penddikannya. Lihat saja Sujiwo tejo, dengan latar belakang pendidikan matematika kini ia malah menjadi seniman. Tidak selamanya latar belakang pendidikan menentukan karir kita ke depan, terkecuali untuk karir di bidang pendidikan.

7. Be positive thinking
Thomas Alfa Edison melakukan 999 kali percobaan tetapi masih gagal. Beliau berkata, “Aku berhasil menemukan 999 cara yang gagal dalam pembuatan lampu.” Ini menunjukkan kekuatan berpikir postif akan memudahkan langkah kita.

8. Bekerja sama
Manusia adalah makhluk sosial sehingga tidak bisa bekerja sendirian. Manusia saling membutuhkan, bohong besar jika ada orang yang meng-klaim dirinya sukses atas usahanya sendiri, pasti di dalam kesuksesannya terdapat orang-orang yang membantu dia, baik secara langsung maupun tidak langsung.

9. Tahu tentang kewirausahaan
Kita ingin “berperang” tetapi tidak mengetahui siapa musuh kita, itu merupakan kesalahan besar. Jika kita ingin memasarkan produk kita, tentu kita harus tahu pasar. Jangan sampai setelah terjun ke lapangan kita mengalami kelabakan karena tidak hapal medan.

10. Fokus
Mungkin karena sifat ingin terburu-buru ingin kaya, kita mengambil spesialisasi bisnis terlalu banyak sehingga hasilnya pun tidak maksimal karena tidak bisa dijalani secara fokus. Akibatnya konsentrasi terpecah, masih mending jika usahanya sukses, tetapi bagaimana jika keduanya gagal?

11. Peduli konsumen
Pembeli adalah raja. Bob sadino ini adalah orang yang selalu memerhatikan konsumennya. Caci maki dari seorang pembantu rumah tangga ia jadikan masukan bagi manajemen pemasarannya. Ia menjadikan keluahan konsumen sebagai masukan dan langkah perbaikan ke depannya.

12. Utamakan kualitas
Beliau sangat memerhatikan kualitas barang yang akan dijual. Beliau tidak ingin mengecewakan konsumen dengan barang yang rusak atau cacat.

13. Kerjakan semua dengan tuntas
Tidak bekerja setengah-setengah, apabila telah memulai suatu usaha maka kerjakanlah dengan serius. Jangan sampai berhenti di tengah jalan karena akan menyia-nyiakan harta, tenaga, waktu yang telah kita kerahkan untuk memulai bisnis.

14. Pandai menempatkan prioritas
Urutan kerja diurut berdasarkan prioritas sehingga tidak ada pekerjaan menumpuk di akhir-akhir.

15. Kerja keras dan kerja cerdas
Banyak orang yang merasa telah bekerja keras namun tidak mendapatkan hasil yang maksimal. Misal saja mahasiswa tingkat akhir yang mengejar kelulusan di bulan Juli ini, walaupun ia tergolong mahasiswa yang memiliki IPK di atas arata-rata, bagaimana jika ia lupa memperhitungkan jumlah SKS nya? Mungkin saja ia tidak jadi lulus Juli karena kurang 1 SKS saja. Ia lupa bekerja cerdas, lupa strategi.

16. Tidak mencampuradukkan uang pribadi dan perusahaan
Hal ini bisa memacu tindakan korupsi, walaupun dalam jumlah yang kecil. Uang perusahaan bisa saja tercampur dengan uang pribadi karena terdapat keteledoran dalam hal pencatatan keuangan. Sebainya rekeningnya dipisah, untuk memudahkan pengaturan keuangan juga.

17. Jangan menyerah
Kegagalan adalah bumbu kehidupan, kegagalan membuat kita bisa menjadi manusia tangguh.

18. Selalu melibatkan Allah dalam setiap aktivitas
Dengan mengingat Allah hati menjadi tenang. Dalam segala aktivitas kita akan bernilai ibadah.

19. Berperilaku baik
Inilah mata uang yang berlaku dimana saja. Dengan perilaku yang baik, masyarakat akan menaruh kepercayaan kepada kita sehingga orang-orang akan percaya akan kredibilitas kita. Kita pun bisa dengan mudah masuk dalam lingkungan masyarakat.

3 komentar: