2.11.2011

Anden (Babou)

A
nden (babou) suatu tradisi gotong royong istilah kata bahasa kerinci atau sungai penuh yaitu suatu kata yang digunakan waktu mengadakan suatu pekerjaan yang dilakukan secara beramai-ramai oleh sekumpulan orang yang bertujuan untuk menyelesaikan pekerjaan yang di maksud.

Anden (babou) sering dilakukan untuk pekerjaan disawah atau pekerjaan lainnya yang tidak dapat dilakukan oleh satu orang, seandainya pun dapat dilakukan oleh satu orang tetapi memerlukan waktu yang lama untuk menyelesaikannya, anden(babou) di dalam pelaksanaan pengerjaan di sawah di lakukan mulai dari pengolahan tanah sampai saat panen.

Anden (babou) dilakukan silih berganti diantara anggota kelompok, sampai pekerjaan yang di maksud diselesaikan. Saat sekarang anden (babou) sudah jarang kita temui lagi di kerinci atau di Sungai Penuh karena sudah banyaknya alat-alat pertanian yang modern yang mempercepat pekerjaan dan lebih gampang dalam pelaksanaannya.

Dalam pelaksanaan aden(babou) kadang-kadang di selingi juga dengan Tale dan Marwok(nyanyian dan balas pantun) untuk yang ini dapat kita kupas di lain waktu.

0 komentar:

Posting Komentar